Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android – Di zaman yang serba digital ini, cara menghemat kuota internet merupakan hal penting untuk diketahui. Mengingat, berbagai kegiatan saat ini selalu membutuhkan internet. Untuk berkomunikasi misalnya, banyaknya aplikasi chatting yang kini digemari oleh netizen. BBM, Whatsapp, Line, Messenger, dan aplikasi chatting lainnya yang pasti membutuhkan jaringan internet untuk bisa aktif.

cara-menghemat-kuota-internet

Kegiatan lain yang juga membutuhkan jaringan internet untuk bisa berjalan lancar adalah berbisnis. Seperti yang sudah banyak diketahui, bisnis online saat ini kian merambah ke masyarakat luas. Agar bisa menjalankan bisnis tersebut dengan baik maka jaringan internet haruslah selalu tersedia. Penggunaan media sosial yang kini semakin menjamur pun tidak terlepas dari penggunaan jaringan internet sebagai modal utamanya.

Melihat kebutuhan jaringan internet yang berkembang tersebut, tidaklah heran jika pemborosan kuota bisa terjadi kepada siapa saja. Kuota internet yang harus dibeli tentu dapat menguras isi dompet pemiliknya. Terlebih lagi jika penggunaan kuota internet ini tidak disertai dengan bijak oleh pemiliknya. Maka dari itu, untuk menghindari pemborosan kuota, kali ini penulis akan membagikan cara agar penggunaan kuota internet tidak boros dan dapat menghemat pengeluaran.

1. Menggunakan Browser yang Tidak Memakan Kuota Besar

browser

Tidak banyak orang mengetahui, beberapa aplikasi browser yang biasa menghiasi gadget nyatanya memakan kuota internet cukup besar. Beberapa di antaranya bahkan mengambil sebagian besar kuota internet meski tidak menggunakan aplikasi tersebut secara langsung. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memilih aplikasi browser yang tidak memakan kuota banyak. Beberapa aplikasi browser yang bisa Anda gunakan di antaranya adalah UC Browser, Opera Mini, dan beberapa browser sejenis lainnya.

2. Membatasi Penggunaan Mobile Data dan Mengaktifkan Peringatan Penggunaannya

data-usage

Cara menghemat kuota internet lainnya adalah dengan mengaktifkan peringatan penggunaan data dan membatasi penggunaannya. Hal ini memang tidak secara langsung menghemat kuota Anda. Namun, hal tersebut dapat membantu Anda menyimpan sebagian kuota Anda dengan baik. Untuk membatasi dan mengaktifkan notifikasi peringatan penggunaannya, Anda bisa masuk ke menu Setting pada gadget, kemudian pilih Data Usage. Selanjutnya, masuk ke Celuler Data Limit dan ketuk tombol pengaktifannya.

3. Mengidentifikasi Aplikasi yang Boros Kuota

aplikasi-penyedot-kuota

Beberapa aplikasi yang ada di perangkat memiliki andil besar dalam penghabisan kuota data Anda. Bahkan, beberapa di antaranya akan terus mengambil kuota internet meskipun tidak dibuka atau digunakan. Untuk itu, pastikan aplikasi yang ada pada gadget tidak mengambil kuota data secara berlebihan. Untuk melihat aplikasi yang memakan kuota besar bisa dilakukan dengan masuk ke menu Settings pada perangkat gadget, kemudian pilih Data Usage. Pada opsi menu tersebut akan terlihat berapa besar aplikasi-aplikasi yang terpasang menghabiskan kuota data Anda.

4. Batasi Update Aplikasi

auto-update

Proses update aplikasi tidak jarang memakan kuota internet yang tidak sedikit. Ada baiknya Anda mengatur pengupdate-an aplikasi sesuai kebutuhan. Atau Anda juga bisa melakukan update aplikasi secara otomatis hanya jika jaringan internet berasal dari wifi. Cara pengaktifan update otomatis dengan wifi ini bisa dilakukan dengan cara masuk ke Play Store, kemudian pilih Menu Setting. Pada menu tersebut, klik opsi Auto update apps, lalu pilih Auto update apps over wifi only. Dengan begitu, aplikasi-aplikasi yang ada pada perangkat Anda akan terupdate jika koneksi internet berasal dari jaringan wifi saja.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghemat kuota internet pada perangkat gadget yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat!

Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android | Yanti Adriyanti | 4.5