Inilah Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit

Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit – Dewasa ini, penggunaan sistem operasi Windows di Indonesia sangatlah banyak. Bahkan, dapat dipastikan hampir semua laptop atau PC yang digunakan oleh masyarakat Indonesia menggunakan sistem operasi ini. Tercatat, sudah banyak jenis dan tipe Windows yang digunakan masyarakat Indonesia dalam kegiatan sehari-harinya.

Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit

Advertisement

Hingga saat ini, Windows dibedakan kedalam dua basis sistem, yaitu sistem 32 bit dan 64 bit. Namun, tidak sedikit user yang tidak mengerti perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit. Bahkan, tidak jarang pengguna tidak memperhatikan basis sistem yang digunakannya. Padahal, kedua basis ini memiliki perbedaan yang berpengaruh pada kinerja ketika digunakan.

Jika dilihat dari penggunaan kedua basis sistem Windows tersebut, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Selain itu, terdapat juga kelebihan dan kekurangan dari masing-masing basis sistem OS Windows tersebut. Dengan mengetahui perbedaan antara keduanya ini, diharapkan kedepannya Anda bisa memilih basis sistem yang cocok dan fungsional untuk Anda.

Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

Beberapa perbedaan antara basis sistem OS Windows, bisa dilihat dari beberapa komponen, di antaranya adalah sebagai berikut;

1. Jumlah RAM

Jumlah RAM

Perbedaan yang paling mendasar dari kedua basisi ini adalah jumlah maksimal RAM yang bisa digunakan pada perangkat PC atau laptop Windows. Seperti yang kita ketahui, semua basis sistem yang ada, memiliki batasan jumlah RAM yang berbeda. Untuk Windows 32 bit, batas RAM yang bisa digunakan lebih kecil dibanding Windows 64 bit. Batas maksimal RAM yang dimiliki Windows 32 bit kurang dari 4GB atau tepatnya hanya 3,2GB. Dengan RAM tersebut, Windows Anda akan lebih optimal jika digunakan pada RAM 1 atau sekitar 2GB. Sedangkan untuk Window 64 bit, kemampuan membacanya bisa lebih dari 4GB RAM. Hal ini disebabkan adanya perbedaan model prosesor antara 32 bit dan 64 bit.

2. Performa Kedua Basis Sistem

Performa Kedua Basis Sistem

Model prosesor yang menjadi dasar perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit tentu mempengaruhi performa suatu perangkat Windows. Windows 32 bit hanya cocok dengan dipasangkan pada prosesor 32 bit juga. Dengan kemampuan tersebut maka basis sistem ini hanya cocok digunakan untuk pekerjaan ringan. Berbeda dengan 64 bit yang memiliki kemampuan prosesor yang lebih tinggi, sehingga sangat responsive meski digunakan untuk pekerjaan berat, seperti mengedit video, desain, dan lain sebagainya.

3. Pemrosesan Data

Pemrosesan Data

Model prosesor yang dibangun pada Windows 32 bit dan 64 bit nyatanya juga bisa mempengaruhi pada prose pengolahan data. Angka yang mewakili dari basis sistem Window ini ternyata mewaliki jumlah proses pengolahan data dalam sekali putaran. Artinya, pada Windows 32 bit, dalam satu kali proses, data yang bisa diolah dan dimuat sebesar 32 bit. Begitu juga dengan Window 64 bit, sehingga kecepatan pengolahan data akan lebih maksimal dilakukan pada basis sistem ini.

4. Kompatibilitas Software pada Komputer

Kompatibilitas Software pada Komputer

Selain berpengaruh pada performa, kecepatan pengolahan data, serta RAM prosesor, yang membedakan kedua basis sistem adalah kompatibel tidaknya software-software yang ada untuk OS Windows tersebut. Jika dilihat dari perbedaan di atas, dapat dipastikan bahwa Windows 32 bit tidak akan bisa menjalankan software yang dibuat untuk 64 bit. Sedangkan untuk Windows 64 bit, berbagai macam software bisa diinstal dan digunakan dengan baik, meskipun software tersebut khusus dibuat untuk 32 bit.

Keempat perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit di atas sebenarnya sebagian kecil dari penjelasan secara menyeluruh tentang kedua basis sistem tersebut. Masih banyak perbedaan di antara keduanya yang bisa lebih memberikan pengetahuan kepada Anda tentang kelebihan dan kekurangan OS Windows 32 bit dan 64 bit.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Inilah Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit | Yanti Adriyanti | 4.5