Inilah Akibat dan Bahaya Charger HP di Mobil

Akibat dan Bahaya Charger HP di Mobil – Pada era seperti sekarang ini banyak orang yang bergantung kepada handphone. Setiap waktu orang menjadi sangat dekat dan sulit terlepas dari ponselnya. Interaksi dengan handphone yang berlebihan itu membuat adanya ketergantungan manusia akan listrik untuk charge hp mereka. Ada juga orang yang men-charge ponsel di mobil. Padahal ada bahaya charger hp di mobil. Apa itu? Artikel ini akan membahasnya.

Jika bepergian ke luar rumah biasanya orang akan menggunakan powerbank untuk men-charge ponselnya jika baterai habis. Selain itu bisa dilakukan juga di mobil, pada mobil-mobil terbaru pasti ada fasilitas untuk menĀ­-charge ponsel. Sepertinya pabrikan mobil saat ini tahu bahwa charge adalah kebutuhan manusia. Jadi adanya fasilitas charger di ponsel memudahkan pengemudi.

bahaya-charger-hp-di-mobil

Akibat dan Bahaya Charger HP di Mobil

Pengisian ulang baterai ponsel biasanya menggunakan output lighter yang terpasang dalam mobil. Jika tidak ada maka bisa dilakukan menggunakan aksesoris aftermarket tambahan di yang banyak dijual di toko aksesoris untuk otomotif. Namun tahukah Anda bahwa ada bahaya charger hp di mobil? Mengapa demikian? Artikel ini akan membahasnya untuk Anda.

Bahaya Charger di Mobil

Bahaya melakukan charge ponsel di mobil tidak tanpa alasan. Inilah ulasan mengapa bisa menjadi berbahaya.

Dengan menggunakan power output yang asalnya dari lighter bisa membuat usia baterai ponsel jadi lebih pendek. Hal ini terjadi karena tegangan listrik yang dimiliki mobil kurang stabil karena adanya putaran mesin mobil yang naik turun.

Bisa juga karena hidup matinya kelistrikan ketika menyalurkan arus listrik ke berbagai komponen dalam sistim kelistrikan. Seperti pada pendingin AC, penerangan mobil, audio, dan lain sebagainya.

Kondisi di atas bisa memengaruhi tegangan output alternator. Nantinya akan menimbulkan dampak berupa baterai hp yang jadi menggembung. Setelah itu bisa saja meledak dan membahayakan nyawa Anda. Bukankah itu hal yang tidak Anda inginkan.

Charge Aman di Mobil

Jika memang Anda terpaksa harus charge di mobil maka Anda harus mengetahui tips amannya. Antara lain jauhkan ponsel dari berbagai benda yang mudah terbakar, contohnya busa, kertas, dan kain.

Lalu memakai baterai serta charger yang kualitasnya bagus, jika charger mendadak panas maka hentikan, ketika ponsel di-charge Anda tidak boleh menelepon atau menerima telepon, serta jauhkan ponsel dari sinar matahari secara langsung atau sumber panas yang lain jika sedang menaruh handphone Anda.

Itu dia apa bahaya charger hp di mobil, Anda harus waspada jika ingin melakukan pengisian baterai. Jangan sampai nyawa Anda jadi taruhannya.

Inilah Akibat dan Bahaya Charger HP di Mobil | Khisma Nisa Yuniar | 4.5