Cara Memperbaiki Touchscreen yang Rusak pada Smartphone

Cara Memperbaiki Touchscreen yang Rusak pada Smartphone – Permasalahan yang kerap dihadapi oleh pemilik smartphone layar sentuh adalah kerusakan pada bagian layar. Kerusakan itupun terjadi karena beberapa hal. Kebanyakan karena tertindih sehingga layar sentuh tak lagi bisa digunakan. Namun tenang saja, ada cara memperbaiki touchscreen yang rusak sehingga bisa kembali digunakan. Dan proses perbaikan smartphone yang tengah mengalami kerusakan pada bagian layar sentuh ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan tanpa menggunakan jasa tukang servis.

Sebelum melangkah lebih jauh, kita perlu mengecek terlebih dahulu kondisi smartphone yang rusak. Kerusakan yang terjadi apakah karena ada permasalahan pada hardware atau hanya kerusakan pada software. Dan kalau memang layar sentuh sudah rusak, terutama karena sudah ada yang retak, maka tentu saja cara memperbaiki touchscreen yang rusak itu dilakukan dengan cara menggantinya dengan layar yang baru. Dan tentunya, dengan memperbaiki sendiri, maka garansi smartphone pun sudah tak lagi berlaku.

Advertisement

Cara Memperbaiki Touchscreen yang Rusak

Cara Memperbaiki Touchscreen yang Rusak

Penggantian layar sentuh smartphone pun bisa pula dilakukan sendiri di rumah. Dengan berbekal pengetahuan elektronik yang mencukupi, cara memperbaiki touchscreen yang rusak pun bisa dilakukan sendiri. Namun kalau Anda ragu, maka alangkah lebih baiknya jika membawa smartphone tersebut ke tukang servis. Terlebih jika mempunyai kesibukan tinggi dan tidak sempat untuk memperbaikinya sendiri.Sebelumnya, terdapat alat-alat yang harus dipersiapkan kalau ingin mengikuti cara memperbaiki touchscreen yang rusak ini. Alat-alat tersebut antara lain adalah:

  • Obeng set
  • Pisau cutter serta benang
  • Touchscreen baru. Pastikan untuk membeli touchscreen baru yang sesuai dengan tipe smartphone Anda.
  • Lem ataupun doubletape

Setelah alat-alat tersebut dipersiapkan, tinggal proses eksekusinya:

  • Sebelum membongkar smartphone yang layarnya rusak, pastikan dulu handphone dalam kondisi mati.
  • Lepaskan baut-baut yang ada pada smartphone dengan menggunakan obeng kecil. Setelah itu, lepas juga baut yang menghubungkan layar sentuh dengan motherboard.
  • Saat membuka layar sentuh, pastikan untuk melakukannya secara perlahan. Untuk mengangkat layar sentuh, baiknya menggunakan cutter dan dilakukan sedikit demi sedikit.
  • Berikutnya adalah pemasangan touchscreen baru. Sebaiknya, touchscreen ditempel di atas LCD smartphone dalam kondisi tidak terlalu rekat. Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif kalau-kalau ternyata ada yang salah dan ponsel tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Jika layar sentuh sudah terpasang dengan benar dan bisa dioperasikan, maka tinggal memasang semua baut di tempatnya. Pastikan untuk memasang semua baut dengan benar sehingga ponsel tetap berbentuk seperti sedia kala.

Semoga bermanfaat.

TAG

cara memperbaiki meizu m3s yg rusak,cara memperbaiki touchscreen yang tidak berfungsi karena tertindih,Memperbaiki Touchscreen rusak tertindih

Artikel Terkait

Cara Memperbaiki Touchscreen yang Rusak pada Smartphone | Imam Baihaki | 4.5