Cara Mengaktifkan Init.d pada Android dengan Aplikasi

Cara Mengaktifkan Init.d pada Android dengan Aplikasi – Apabila Anda sering memodifikasi android Anda mungkin tidak asing lagi dengan init.d. Jika Anda dapat mengaktifkan folder tersebut maka ada banyak keuntungan yang didapatkan. Contohnya memasukkan script-script tweak ke folder agar stabilitas dan performa smartphone android Anda meningkat. Lantas bagaimana cara mengaktifkan init.d pada android? Artikel ini akan membahasnya untuk Anda.

Cara Aktifkan Folder Init.d

Folder init.d punya fungsi untuk menjalankan script modifikasi yang sudah dimasukkan ke folder init ketika ponsel Anda reboot. Contohnya script tweak baterai, CPU, RAM, app2sd, dan lain-lain. Ada tiga buah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkannya, antara lain sebagai berikut.

  • Memakai flash file dari zip-init.zip.
  • Memakai file term-init.sh yang kemudian diaktifkan menggunakan terminal emulator.
  • Memakai aplikasi bernama Universal init.d

Yang akan dibahas di sini adalah memakai cara ketiga yang disebutkan di atas, yaitu Universal init.d. Anda perlu tahu salah satu syarat yang harus Anda penuhi agar dapat memakai aplikasi ini adalah ponsel android Anda harus dalam keadaan di root. Kemudian setelah itu Anda harus menginstal Busybox.

Aktifkan init.d dengan Universal init.d

Cara mengaktifkan init.d dengan Universal init.d adalah Anda harus download dan instal dulu Universal init.d Support-nya kemudian jalankan. Klik tombol Active kemudian pilih Verify. Lalu reboot lah ponsel android Anda.

cara-mengaktifkan-init-d-pada-android

Cara Mengaktifkan Init.d pada Android

Kemudian cek folder init.d-nya. Untuk mengetahui apakah folder tersebut telah aktif apa belum. Caranya adalah dengan membuka folder data yang terdapat di direktori root. Lalu carilah file Test.log, apakah ada di sana. Jika ada, artinya telah aktif.

Itu dia bagaimana cara mengaktifkan init.d pada android menggunakan Universal init.d. Dengan menggunakan aplikasi ini folder init bisa lebih mudah diaktifkan tanpa perlu mengganti kernel. Selain menggunakan aplikasi ini ada juga aplikasi Adroguide.fr yang punya fungsi untuk aktifkan init.d. Di dalam aplikasi tersebut sudah ada banyak sekali script tweak yang Anda bisa gunakan langsung.

Menggunakan Flash Zip

Cara lainnya adalah dengan memakai flash zip. Anda harus mendownloadnya dulu, simpanlah di SDCard. Kemudian reboot ponsel Anda dan masuklah ke bagian recovery. Lakukan flash seperti biasanya kemudian reboot ponsel milik Anda. Cara aktifkan folder dengan aplikasi ini juga bisa Anda lakukan tanpa perlu mengganti kernel.

Begitulah bagaimana saja Cara Mengaktifkan Init.d pada Android menggunakan berbagai aplikasi. Sangat mudah dilakukan tapi umumnya bisa dilakukan ketika ponsel Anda sudah di-root. Ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan sebelum root ponsel Anda. Semoga bermanfaat.

TAG

cara mengatasi init d tidak bisa diaktifkan
Cara Mengaktifkan Init.d pada Android dengan Aplikasi | Khisma Nisa Yuniar | 4.5