Cara Mengatasi HP Android Lag dengan Mudah dan Aman

Cara Mengatasi HP Android Lag bisa dilakukan dengan berbagai cara. Banyak yang melakukannya dengan memanfaatkan aplikasi RAM booster dan task killer. Namun ternyata, ada yang beranggapan kalau pemakaian aplikasi seperti itu memberikan dampak yang buruk bagi smartphone. Selain itu, pemakaian aplikasi RAM booster tersebut merupakan solusi sementara.

Aplikasi task killer memang menjadi sebuah solusi yang bisa digunakan untuk membuat sebuah perangkat bisa berjalan lebih smooth. Namun lagi-lagi, penggunaan aplikasi seperti ini merupakan solusi sementara. Di waktu yang bersamaan, aplikasi task killer yang digunakan pun membebani RAM dan harus digunakan secara terus menerus. Untuk itu, perlu mencari sebuah solusi lainnya yang bisa dijadikan sebagai solusi permanen.

Cara Mengatasi Hp Android Lag

Cara Mengatasi HP Android Lag

Ada cara mengatasi hp Android lag yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan secara permanen. Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa dilakukan oleh para pengguna smartphone Android.

Hapus aplikasi tak berguna.

Pada sebuah smartphone, akan ada aplikasi yang ternyata mempunyai manfaat sangat kecil bagi penggunanya. Tak sedikit pula aplikasi tak berguna yang ternyata berjalan di background tanpa sepengetahuan pengguna smartphone. Selain itu, banyak aplikasi yang ternyata hanya nampang pada layar smartphone dan tak pernah digunakan. Padahal keberadaan aplikasi tersebut secara langsung membebani RAM, membuat hp lag dan baterai boros.

Gunakan aplikasi yang ringan

Jangan asal unduh sebuah aplikasi Android di Google Play. Pada saat akan mengunduh sebuah aplikasi, pastikan dulu dampak keberadaan aplikasi tersebut terhadap performa smartphone. Kalau ada aplikasi lain yang lebih ringan dan tidak membebani baterai, lebih baik memilih alternatif lainnya.

Matikan fitur tak penting

Terlalu banyak fitur yang dinyalakan pada waktu yang bersamaan pun membuat smartphone terbebani. Bahkan fitur-fitur yang tak digunakan itupun akan berdampak pada konsumsi baterai yang lebih boros. Dan cara mengatasi hp Android lag berikutnya adalah mematikan fitur-fitur tak penting tersebut. Misalnya, mematikan fitur yang hanya digunakan sewaktu-waktu seperti WiFi, Bluetooth ataupun GPS.

Gunakan custom ROM

Cara mengatasi hp Android lag yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan menginstal custom ROM baru. Saat ini, ada sangat banyak custom ROM Android yang menawarkan fitur ringan serta konsumsi baterai yang ringan. Jadi Anda bebas memilihnya. Proses instalasi ROM baru ini membutuhkan pengetahuan yang cukup mendetail. Jadi, kalau Anda adalah tipe orang yang kurang begitu paham dengan teknis troubleshooting smartphone Android, sebaiknya meminta pertolongan pada yang lebih ahli

TAG

cara menghilangkan lag secara permanen
Cara Mengatasi HP Android Lag dengan Mudah dan Aman | Imam Baihaki | 4.5