Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus

Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus – Tentu Anda tahu bahwa android termasuk perangkat yang rentan diserang oleh malware atau virus yang disisipkan dalam aplikasi. Hal tersebut bukan disebabkan hanya karena mudahnya dukungan dalam membuat aplikasi tapi juga persyaratan serta seleksi aplikasi Google Play Store yang kurang ketat.

Memang bisa menggunakan antivirus tapi bagaimana apabila virus disematkan pada antivirus. Jika demikian maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan virus di android.

cara-menghilangkan-virus-di-android

Cara Menghilangkan Virus di Android

Anda bisa menggunakan cara menghilangkan virus di android tanpa perlu menggunakan antivirus. Salah satunya dengan menggunakan Factory Reset yang sangat ampuh dalam menghilangkan virus android. Namun ada risiko yang harus dirasakan, yaitu hilangnya data-data yang terpasang pada android Anda. Maka cara-cara lainnya bisa melakukan berbagai langkah di bawah ini.

  • Masuk dalam safe mode

Masuk dalam safe mode bisa membuat ponsel android Anda bisa beroperasi dengan lebih ringan. Oleh karena ponsel menjalankan aplikasi inti saja yang dibawa oleh sistem. Saat ada dalam safe mode maka semua aplikasi yang terinstal hilang. Namun bukan hilang sebenarnya, sementara saja. Ketika ponsel ada dalam safe mode maka Anda bisa dengan lebih mudah berpindah dari satu sistem aplikasi ke yang lainnya tanpa terjadi kendala.

Juga bisa memudahkan Anda dalam mengecek atau bersihkan berbagai file yang tidak penting. Contohnya adalah file cache. Cara masuk ke safe mode dalam setiap perangkat berbeda-beda. Namun kebanyakan dengan menggunakan kombinasi tombol volume dan power ketika proses booting sedang terjadi.

  • Cek aplikasi pada safe mode

Ketika ada dalam safe mode Anda bisa cek aplikasi yang sudah terinstal pada android. Cara melakukannya adalah masuk dalam menu pengaturan atau settings kemudian pilih apps. Setelah itu pilih tab downloaded. Sistem akan membuat hilang seluruh daftar aplikasi dari pihak ketiga. Namun jika virus ada dalam sistem maka virus yang terlihatnya sebagai pihak ketiga bisa membuatnya menjalankan sistem.

  • Hapus aplikasi yang mencurigakan

Apabila Anda menemukan sebuah aplikasi yang mencurigakan maka klik aplikasi itu kemudian pilih uninstall. Mungkin Anda akan menemukan beberapa aplikasi yang tidak bisa di-uninstall. Oleh karena aplikasi akan memberikan akses administrator.

Hapus akses administratornya dengan keluar dari application settings. Kemudian masuk ke Settings – Security – Devide Administarator. Lalu hilangkan akses administrator pada aplikasi yang mencurigakan. Jika proses penghapusan aplikasi sudah selesai maka Anda bisa keluar dari SafeMode. Lalu lakukan restart.

Itu dia bagaimana cara menghilangkan virus di android tanpa harus menggunakan antivirus. Semoga artikel ini bermanfaat!

Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus | Khisma Nisa Yuniar | 4.5