Cara Menonaktifkan BBM Untuk Sementara Waktu

Cara Menonaktifkan BBM Untuk Sementara Waktu – Sebagai aplikasi yang memungkinkan setiap orang untuk berkomunikasi jarak jauh, BBM sempat menjadi trend dalam teknologi informasi dan komunikasi. Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya aplikasi sejenis yang menawarkan kelebihan-kelebihan lain maka popularitas BBM pun kian menurun. Bahkan, beberapa penggunanya pun banyak yang mencari cara menonaktifkan BBM sementara waktu.

cara-menonaktifkan-bbm-sementara

Menonaktifkan BBM dalam waktu tertentu menjadi pilihan pengguna, untuk menghindari dari beberapa gangguan yang biasa dirasakan. Gangguan-gangguan tersebut di antaranya seperti, menerima broadcast dari online shop, pemberitahuan grup yang menimbulkan nada notifikasi yang mengganggu, dan yang paling sering terjadi adalah menghabiskan kuota internet pada perangkat yang ada.

Oleh karena itulah mengapa banyak orang ingin mengetahui cara mematikan BBM sementara waktu sampai pengaktifan kembali dirasa perlu dilakukan. Adapun cara menonaktifkan BBM ini bisa dilakukan dengan beberapa pilihan. Hal ini bergantung pada kebutuhan dan kondisi pengguna sebagai pemilik dari akun BBM. Beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya adalah sebagai berikut;

1. Menonaktifkan BBM dengan Aplikasi

disable-service

Cara yang pertama ini bisa dilakukan jika Anda merasa perlu memastikan bahwa akun BBM tidak bisa menerima pesan dan lainnya. Aplikasi yang digunakan untuk menonaktifkan BBM ini bernama Disable Service. Caranya pun cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menginstal Disable Service pada perangkat yang Anda gunakan.

Pastikan perangkat tersebut sudah diroot sebelumnya. Setelah berhasil terpasang dalam perangkat Anda, buka aplikasi tersebut dan pilih menu BBM untuk menonaktifkannya. Pastikan menu BBMAccountService tidak tercentang dan tulisan berubah berwarna merah. Hal tersebut merupakan tanda bahwa akun BBM Anda tidak aktif dan tidak dapat menerima pesan.

2. Menonaktifkan BBM dengan Cara Menghilangkan Ikon Connected

bbm-connected-icon

Jika Anda tidak merasa perlu menggunakan aplikasi, ada cara menonaktifkan BBM sementara yang lain yang bisa Anda lakukan. Caranya cukup buka aplikasi BBM pada perangkat Anda, buka Menu BBM yang bersimbol tiga garis horizontal disebelah kiri layar, kemudian pilih Settings. Pada menu Notifications, pilih BBM Connected Icon.

Hilangkan tanda centang yang ada disebelah ikon koneksi tersebut. Maka secara otomatis, akun BBM Anda berhasil dinonaktifkan. Untuk mengaktifkannya kembali, lakukan hal yang sama seperti cara menonaktifkannya tadi. Namun, pastikan opsi BBM Connected Icon tercentang kembali.

3. Menonaktifkan BBM dengan Membersihkan Data Aplikasi

clear-data

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mematikan akun BBM semantara waktu adalah dengan clear data. Menghapus data aplikasi berarti menghapus seluruh chatt dan memori yang terpakai dalam aplikasi BBM. Namun, untuk kontak sendiri tidak ikut terhapus.

Maka dari itu, sebelum melakukan cara ini, pastikan Anda tidak memerlukan isi dari chatt atau percakapan yang ada di BBM. Untuk menghapus data BBM, bisa dilakukan dengan masuk ke menu Setting pada perangkat Anda. Masuk ke opsi menu System Manager, kemudian pilih Application Manager. Pilih aplikasi BBM pada menu tersebut, kemudian tekan tombol “Clear Data”.

Dengan cara tersebut, BBM Anda secara otomatis akan nonaktif dan pesan yang dikirim selama BBM tidak aktif akan berstatus pending. Untuk mengaktifkannya kembali, Anda perlu memasukkan alamat email dan password yang digunakan untuk membuat akun BBM tersebut.

bbm-android

Selain ketiga cara diatas, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Seperti mengubah status di akun BBM, pilih status Busy atau yang lainnya agar kontak yang ada di akun Anda tidak akan mengganggu. Anda juga bisa mematikan koneksi data jika perlu. Hal tersebut merupakan cara menonaktifkan BBM sementara waktu yang paling sederhana dan mudah dilakukan.

Semoga bermanfaat!

Cara Menonaktifkan BBM Untuk Sementara Waktu | Yanti Adriyanti | 4.5