Cara Ngeprint Bolak-balik Otomatis di Microsoft Word

Cara Ngeprint Bolak-balik Otomatis di Microsoft Word sebenarnya bisa dilakukan secara mudah dengan memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi Microsoft Word. Mencetak dokumen dalam posisi bolak balik pun berguna untuk berbagai macam hal. Di antaranya adalah pada saat ingin mencetak buku ataupun majalah sekolah. Namun, print bolak balik membutuhkan proses dan cara yang berbeda dibandingkan dengan print biasa. Dan kalau melakukan hal ini secara manual, akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untungnya, saat ini telah ada fitur pada Microsoft Word yang memungkinkan untuk cara ngeprint bolak balik secara otomatis. Dengan menggunakan fitur ini, pemilik dokumen pun tidak perlu melakukan pengaturan secara manual. Semua pengaturan dilakukan secara ringkas, sehingga akan sangat menghemat waktu pencetakan dokumen.

cara ngeprint bolak balik

Cara Ngeprint Bolak-balik Otomatis

Berikut ini adalah langkah – langkah yang harus dilakukan dalam cara ngeprint bolak balik pada aplikasi Microsoft Word.

Cara ngeprint bolak balik otomatis di Microsoft Word

  1. Buka dokumen yang ingin diprint secara bolak balik menggunakan aplikasi Microsoft Word. Untuk dokumen yang dicetak secara bolak balik, sebaiknya menggunakan kertas dengan ukuran yang cukup tebal. Tujuannya agar nanti pada saat sudah dicetak, kertas tidak tembus.
  2. Setelah dokumen sudah disiapkan, maka proses selanjutnya adalah pengaturan pada printer. Tekan tombol Ctrl+P lalu menuju bagian Properties. Jangan lupa juga untuk memilih printer yang tengah aktif untuk bisa digunakan mencetak dokumen.
  3. Setelah masuk pada halaman Properties, akan muncul banyak pilihan yang bisa dicentang. Pada halaman ini, Anda bisa memberi tanda pada opsi Duplex Printing (Manual) yang ada. Pastikan juga kalau Anda sudah menggunakan ukuran kertas yang sesuai. Kalau sudah siap, tekan OK.
  4. Pada tahap ini, proses pencetakan dokumen pun sudah akan dimulai. Secara default, pencetakan dokumen akan dimulai dengan halaman ganjil, mulai dari halaman 1,3,5,7 dan seterusnya. Anda pun tinggal mengikuti petunjuk yang muncul pada layar. Dan setelah halaman ganjil habis, maka selanjutnyak tinggal mencetak halaman genap namun tetap menggunakan kertas yang sama. Hanya dibalik sesuai dengan urutannya saja.

Dengan begitu, Cara Ngeprint Bolak-balik pun sudah selesai dilakukan. Hasilnya, Anda pun akan memperoleh sebuah dokumen yang sudah tercetak dalam kondisi halaman bolak balik. Cara ini pun akan lebih efektif jika dibandingkan dengan cara mencetak halaman secara bolak balik manual. Untuk langkah percobaan, sebaiknya lakukan proses pencetakan halaman bolak  balik pada dokumen yang jumlah halamannya sedikit. Terutama untuk meminimalisir kesalahan.

Selamat mencoba!

Cara Ngeprint Bolak-balik Otomatis di Microsoft Word | Imam Baihaki | 4.5