Cara Aman Nonton Youtube Buat Anak-anak

Cara Aman Nonton Youtube Buat Anak-anak – Youtube menjadi sebuah sarana hiburan untuk semua kalangan, termasuk anak-anak. Isi video di Youtub ada bermacam-macam, seperti video yang pantas ditonton anak-anak atau hanya pantas untuk orang dewasa. Sayangnya, video yang disajikan sering tidak pandang bulu. Maka sebagai orangtua Anda harus mengetahui bagaimana tips aman nonton youtube buat anak-anak. Artikel ini akan membahasnya.

Di Youtube ada banyak sekali jenis video bahkan video dewasa yang tidak pantas juga bisa ditemukan dengan mudah. Tentu hal ini akan membahayakan anak-anak Anda. Jika tidak diawasi siapa tahu mereka membuka berbagai video “berbahaya” bagi usia mereka. Maka harus ada hal yang Anda lakukan untuk mengatasinya.

tips-aman-nonton-youtube-buat-anak-anak

Cara Agar Youtube Aman untuk Anak-anak

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat Youtube aman untuk anak-anak. Apa saja? Cara-caranya ada di bawah ini.

  • Mengatur akun keluarga

Dengan menyiapkan akun Google bersama bisa membuat Anda dapat mengawasi video yang ditonton dan di-upload oleh anak-anak beserta segala informasi yang mereka bagikan. Anda bisa membuat akun Gmail baru dan menghubungkannya dengan akun email yang sebelumnya telah dibuat. Lalu atur saluran Youtubenya. Anda nanti bisa mengetahui daftar video yang telah ditonton pada tab history.

  • Aktifkan mode safety

Youtube memiliki mode keselamatan yang mampu memblokir sebagian besar konten terlarang. Anda dapat menggulirkan layar Anda ke bawah halaman untuk temukan pilihan mode tersebut. Setelah menemukan mode itu pilihlah opsi On. Supaya anak-anak tidak dapat mengubahnya, klik lock mode keamaanan di browser. Caranya dengan memasukkan data log in seperti password.

  • Buat daftar putar

Apabila orang yang mengupload video dewasa tidak mengaktifkan pembatasan usia maka filter Youtube tak akan memblokirnya. Jadi Anda harus melakukan berbagai langkah tambahan. Cara untuk membuat daftar putar adalah dengan meng-klik Add pink yang ada pada bagian bawah video lalu pilihlah daftar yang Anda akan simpan. Coba juga dengan berlangganan ke saluran-saluran yang ramah keluarga seperti Pixar atau Disney. Sehingga video yang berada dalam daftar putar ada banyak yang untuk ditonton anak-anak.

  • Install aplikasi

Anda bisa coba menginstal perangkat lunak untuk Web filtering, contohnya Symantex Notron Family Premier yang digunakan untuk Windows dan Android serta Windows da Mac. Anda harus membayar sebesar 50 dolar per tahun. Aplikasi ini bisa memberitahu Anda jika anak-anak menonton video yang tidak pantas.

Itulah bagaimana tips aman nonton youtube buat anak-anak. Anda harus bertindak cepat sebelum peristiwa yang tidak diinginkan terjadi. Jaga tontonan anak-anak Anda.

Cara Aman Nonton Youtube Buat Anak-anak | Khisma Nisa Yuniar | 4.5